Jean-Claude Brisville dan kejeniusan sejarah

Céline Yvon (kiri), Rémy Jouvin (tengah) dan Marguerite Mousset (kanan), di Ruang Depan. MarOne / MarOne / Marwan Belaid

KRITIS – Dengan lakonnya yang dipentaskan di Théâtre du Ranelagh, penulis naskah menandatangani duel kata antara Madame du Deffand dan keponakannya. Asam belerang.

Terlepas dari dekorasi gaya abad ke-18 yang unik, bangku dan dua kursi berlengan, kami langsung terpikat oleh percakapan antara Madame du Deffand (Céline Yvon) dan mantan kekasihnya Presiden Parlemen Hénault (Rémy Jouvin). Keduanya mengingatkan pada Turgot, Diderot atau d’Alembert yang diterima penulis surat hebat di salonnya, salah satu yang paling dicari saat itu. Dikenal karena kecerdasan dan rasa ingin tahunya, Marie du Deffand mulai kehilangan penglihatannya. Dia mempersembahkan kepada pelindungnya pembacanya, Julie de Lespinasse, putri tidak sah dari saudara laki-lakinya (Marguerite Mousset). Dia membawanya ke ruang tamunya dan segera menganggapnya sebagai putrinya.

Awalnya menyendiri, terintimidasi, namun sangat cerdas, dia memaksakan diri dengan pikirannya. Sampai-sampai menjadi alasan utama kedatangan tamu. Madame du Deffand, yang dipanggil Voltaire“peramal buta”, tiba-tiba kurang di rumahnya sendiri, kewaskitaan. Semakin keponakannya dibebaskan – sebagaimana dibuktikan dengan perubahan kostumnya (oleh Jérôme Ragon) – semakin dia tersinggung karena semakin pentingnya keponakannya. Terutama karena Presiden Hénault menyerah pada pesonanya dan kepolosannya.

Pertarungan lisan

Seperti dalam Hubungan yang berbahaya, pertarungan lisan sangat hebat di sini, bermata dua. Teman lanjut usia para filsuf, yang membenci filsafat, dan tunas muda, yang haus menemukan kehidupan, mempertajam kata-kata mereka. Garis-garis pedas beterbangan dan meracuni atmosfer. Keseimbangan kekuatan sedang bergeser. “Beberapa kalimat pesimisme mutlaknya begitu modern sehingga bisa saja dirumuskan di bawah pena Cioran”percaya penulis Ruang DepanJean-Claude Brisville, tentang Madame du Deffand (Teater Avant-panggung2008).

Terinspirasi oleh kenyataan, drama bercampur humor halus ini dibuat pada tahun 1991 oleh Suzanne Flon, Henri Virlogeux, dan Emmanuelle Meyssignac. Ini selalu merupakan pertanyaan tentang permainan kekuasaan, manipulasi dan perbedaan dari kondisi sosial. Jean-Claude Brisville, kepada siapa kita berhutang budi pada hal yang terkenal itu Makan malampertemuan tatap muka yang berkesan antara Talleyrand dan Fouché (Rich dan Brasseur), menilai cerita tersebut jenius.

Sesuai dengan niatnya, sutradara, Tristan Le Doze, melakukannya dengan adil tanpa menambahkan sedikit pun kecerdasan, dengan cara yang elegan. Dia memanfaatkan bakat liris Marguerite Mousset dengan baik. Aktris ini adalah bajingan jahat yang kemajuannya di masyarakat diikuti dengan kekaguman. Céline Yvon sempurna sebagai ibu baptis durhaka yang melihat dirinya kehilangan pengaruhnya. Rémy Jouvin yang sangat adil menjadi wasit sebaik mungkin dalam pertukaran antara kedua petarung. Kerja yang cantik.

Ruang Depandi Théâtre du Ranelagh (Paris 16e), hingga 14 Januari. Lokasi. : 01 42 88 64 44.

togel

keluaran hk

data sdy

pengeluaran hk

By adminn